CVR PESAWAT LION AIR DITEMUKAN


Kantor SAR Denpasar– Setelah melakukan upaya pencarian yang cukup sulit, akhirnya Cockpit Voice Recorder (CVR) Pesawat Lion Air Boeing 737-800 NG yang jatuh 13 April 2013 akhirnya di temukan  senin (15/4) pukul 19.02 Wita.{READMORE}

Letak CVR yang berada di bagian bawah pesawat ini, sempat menyulitkan Tim SAR Gabungan untuk menemukannya, namun upaya pencarian terus dilakukan dengan menggunakan beberapa alat berat. Ekor pesawat sempat ditarik ke atas dengan menggunakan crane, hingga pukul 18.00 Wita ekor pesawat belum juga bisa terangkat.

Pencarian juga melibatkan beberapa penyelam dari Basarnas, SAR Brimob Polda Bali dan juga Densipur IX, posisi pesawat yang sedikit berubah dari posisi awal kejadian menyebabkan akses untuk menuju bagian CVR sangat sulit karena terhimpit oleh batu karang. Selain itu jarak padang juga sedikit menyulitkan penyelam karena air laut juga bercampur bahan bakar pesawat.

CVR yang berisi rekaman percakapan itu akhirnya ditemukan. Perlahan-lahan crane yang diikatkan di tempat duduk penumpang ditarik ke atas agar memudahkan tim penyelam untuk masuk ke bagian cargo pesawat.

 

 

Menurut Ketua Tim Emergency Operation Centre (EOC), Purwanto dalam keterangan Persnya mengatakan “CVR ditemukan dalam keadaan baik,selanjutnya akan diserahkan kepada pihak KNKT ”

Rencananya pihak KNKT akan secepatnya membawa CVR ke Jakarta untuk dilakukan penelitian untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Lion Air.



Kategori Kecelakaan Penerbangan .
Pengunggah : author