SERBA SERBI KEMERIAHAN MEMPERINGATI HUT REPUBLIK INDONESIA KE 73


JIMBARAN - Bulan Agustus menjadi bulan bersejarah bagi Bangsa Indonesia, dimana pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia berhasil meraih kemerdekaan, bebas dari belenggu penjajahan. Kerap kali saat menjelang peringatan hari kemerdekaan, banyak masyarakat yang memeriahkannya dengan beragam perlombaan. Suasana ini juga dirasakan para pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Beragam perlombaan diselenggarakan sejak Jumat (10/8) dan berlansung hingga hari ini, Kamis (16/8). Selain sebagai momen memperingati hari jadi Bangsa Indonesia, serangkain perlombaan merupakan cerminan semangat kebersamaan dan sportifitas.

IMG-20180816-WA0139.jpg

Lomba pertama yang dilaksanakan yakni pertandingan beregu senam tobelo, dimana masing-masing regu beranggotakan 6 pegawai. Dalam kompetisi ini diuji kekompakan dan kebersamaan. Lomba senam tobelo memperebutan juara 3 besar. Di hari berbeda dilakukan lomba makan kerupuk, membawa kelereng menggunakan sendok, memasukkan paku ke dalam botol dan tangkap bola menggunakan 2 buah gayung. Kemeriahan dan keakraban kental terasa diantara para pegawai. Anggota Dharma Wanita Persatuan turut memeriahkan dengan ikut serta acara jalan santai di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, pagi tadi.

IMG-20180816-WA0140.jpg

Selain memperingati HUT Republik Indonesia dalam lingkup internal, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar juga mengikuti Pameran Pembangunan Provinsi Bali yang diselenggarakan oleh Kemkominfo. Pameran Pembangunan merupakan acara rutin dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia dan hari jadi Provinsi Bali. Stand Pameran Basarnas bergabung dalam Bali Siaga Bencana yang terdiri dari instansi gabungan BMKG, BPBD, PMI dan Pramuka. Pameran Pembangunan Provinsi Bali dibuka pada Selasa (14/8) petang oleh Gubernur Provinsi Bali, I Made Mangku Pastika. Pameran sebagai media yang baik untuk publikasi dan pengenalan Basarnas kepada masyarakat umum. Rencananya Pameran akan berlangsung selama 10 hari sampai dengan Kamis (23/8).

IMG-20180816-WA0143.jpg

Pengorbanan dan kegigihan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan sudah sepatutnya dihargai dan semangat itu harus selalu dihadirkan di tengah-tengah masyarakat. "Semangat pengorbanan dan perjuangan harus bisa kita terapkan dalam keseharian tak hanya saat menjelang 17 Agustus saja, terutama dalam pekerjaan kita yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan," ungkap Ketut Gede Ardana selaku kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Ia mengingatkan kepada seluruh pegawai agar dapat menjalankan tugas dengan keikhlasan, meskipun terkadang harus meninggalkan keluarga saat melaksanakan operasi SAR. "Apabila tugas-tugas itu terasa berat, kita harus mengingat kembali seberapa besar pengorbanan para pahlawan hingga bertaruh nyawa demi Kemerdekaan. Apa yang selama ini kita lakukan belum sebanding dengan yang telah diperjuangkan para pendahulu kita, untuk itulah tanggung jawab serta tugas selaku Aparatur Sipil Negara wajib dilaksanakn dengan penuh dedikasi dan kesungguhan," tutupnya. (ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : nita
17 August 11:15 WIB