KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


Audiensi Dengan Bupati Jembrana, Basarnas Akan Selenggarakan Pelatihan Potensi SAR


JEMBRANA --- Mempererat koordinasi dalam wilayah kerja di Jembrana, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) melakukan audiensi ke Kantor Bupati Jembrana, Rabu (4/3/2020). Gede Darmada S.E., M.AP. bertandang ke kantor Bupati Jembrana dengan didampingi Kepala Sub Bagian Umum  dan Koordinator Pos SAR Jembrana. Pada kesempatan tersebut Gede Darmada fokus membahas persiapan Pelatihan Potensi SAR yang akan diselenggarakan di Jembrana. "Banyaknya mata pencaharian sebagai nelayan harus ditekankan perihal keselamatan di perairan," ungkapnya. Bupati Jembrana, I Putu Artha SE, MM. menyambut baik niatan Basarnas Bali memilih Jembrana sebagai tempat diselenggarakannya pelatihan SAR tersebut. Menurut Putu Artha disamping menjalankan tugas pokok Basarnas di bidang SAR, di lain sisi juga mengambil bagian dalam isu yang sedang marak di masyarakat. "Perlu kita sosialisasikan bersama tentang virus corona, sehingga tidak tersebar berita hoax dan memicu kecemasan masyarakat," tutur Bupati Jembrana.
 
Rencananya Pelatihan Potensi SAR diselenggarakan selama 6 hari dan melibatkan 50 peserta dari berbagai unsur SAR terkait. Pertolongan di perairan menjadi materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta. Terkait waktu dan tempat pelaksanaan rencananya diselenggarakan dari tanggal 10 hingga 16 Maret di Pantai Candi Kusuma.
"Pelatihan Potensi SAR di tahun 2020 menjadi perhatian khusus bagi Basarnas, targetnya mampu melatih 10.000 potensi SAR di seluruh Indonesia dan di Bali targetnya 350  potensi SAR yang nantinya tersertifikasi," jelas Darmada. Target tersebut dilatarbelakangi dengan luasnya wilayah kerja, sementara jumlah personil yang terbatas. Semakin banyak masyarakat yang mempunyai kemampuan pencarian dan pertolongan akan sangat membantu tugas Basarnas. Diungkapkan bahwa penyebaran potensi SAR di berbagai daerah bisa mempercepat respon time dan meminimalisir jatuhnya korban jiwa. (ay/hms dps)
 
 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
4 March 17:50 WIB