KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


BASARNAS BALI SIMULASIKAN EVAKUASI WNA TENGGELAM DI PANTAI KUTA


 

KUTA --- Selama tiga hari Basarnas Bali selenggarakan latihan SAR beregu tentang penyelamatan korban di air. Latihan yang berlangsung dari tanggal 11 Agustus 2022 hingga 13 Agustus 2022 melibatkan 14 peserta dari rescuer Basarnas Bali. Dimulai dari proses penerimaan informasi awal kejadian hingga pergerakan tim SAR serta evakuasi korban, seluruhnya dilakukan sesuai kejadian yang sebenarnya.

Hari pertama latihan para peserta menerima materi tentang trik-trik melewati arus dan ombak, penggunaan rubber boat serta surfing board dan teknik pertolongan di permukaan air sesuai dengan regulasi ILS (International Live Saving Federation). Pada kegiatan kali ini mendatangkan 2 orang narasumber  dari Balawista Kuta.

Di hari terakhir tim SAR memainkan skenario latihan, dimana seolah-olah ada 2 orang WNA yang mengalami tabrakan saat surfing di Pantai Kuta. Seorang korban mengalami hipotermia sementara korban lainnya mengeluhkan sakit pada bagian leher. Tim dibagi menjadi 3 SRU untuk melakukan pencarian di laut dan penyisiran darat. Dua unit rubberboat diturunkan dari bibir Pantai Kuta, sementara 2 orang lainnya menyisiri sepanjang pantai dari arah utara menuju selatan.

"Untuk kegiatan latihan SAR beregu yang kita laksanakan di Basarnas Bali khususnya untuk meningkatkan kemampuan tim dalam memberikan bantuan SAR kepada masyarakat," terang Gede Darmada, S.E., M.A.P., selaku Kepala Kantor Basarnas Bali. Latihan SAR yang sifatnya internal ini diharapkan bisa dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan. Skenario semacam ini dimainkan mengingat wilayah selatan Bali berombak dan arus juga kuat. Paling tidak sebagai insan SAR mampu menghadapai situasi tersebut ketika nantinya ada kejadian sebenarnya di seputaran Pantai Kuta. (ay/hmsdps)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : Liana
11 August 13:06 WIB