KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


BASARNAS BALI TURUT BERKONTRIBUSI DALAM PERINGATA HKAN


 

JEMBRANA --- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, S.E., M.A.P. turut hadir sebagai nara sumber pada talkshow memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2022. Acara hari kedua yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI ini bertempat di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Pantai Karangsewu, Kelurahan Gilimanuk, Melayani, Jembrana.

Pembukaan HKAN sekaligus kegiatan Jambore Nasional Konservasi Alam ini sudah berlangsung kemarin, Rabu (31/8), dan rangkaian acaranya akan berlangsung hingga hari Jumat (2/9/2022). Pada peringatan kali ini mengusung tema Amertha Taksu Abhinaya (memulihkan alam untuk masyarakat sejahtera).

Selain nara sumber dari Basarnas Bali, hadir pula nara sumber dari direktorat jenderal pengelolaan sampah,  limbah dan B3 dan direktorat jenderal pengendalian dan perubahan iklim. Pada pembahasan tersebut, Gede Darmada menyampaikan materi tentang keselamatan dan keamanan pengunjung di lokasi wisata. Ia menjelaskan bagaimana agar bisa bertahan apabila terjebak atau tersesat di hutan serta bagaimana menjaga kelestarian alam. Hal-hal itu pun sejalan dengan selogan Basarnas yang berasal dari bahasa sansekerta, yakni Avignam Jagad Samagram, mengandung arti Selamatlah Alam Semesta.

Kesempatan kali ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan alat keselamatan diri berupa PLB (Personal Location Beacon). Beacon adalah suar pemancar sinyal mara bahaya yang diaktifkan pada saat situasi yang mengancam jiwa. Pancaran sinyal akan diterima satelite cospas-sarsat, sehingga petugas SAR dapat segera menemukan lokasi dan memberikan pertolongan.

Ditemui usai mengisi acara talkshow tersebut, Darmada mengungkapkan antusiasnya sebagai narasumber dalam kegiatan semacam ini. "Di acara seperti ini saya bisa berbicara langsung dengan masyarakat untuk mensosialisasikan hal-hal penting terkait dengan tugas pokok kami, dan menghimbau tentang prosesur-prosedur keselamatan, " pungkasnya.

Selain diminta sebagai narasumber, Basarnas Bali juga dilibatkan dalam pengamanan siaga SAR pada kegiatan itu, dimana mengerahkan personil dari Pos SAR Jembrana. (ay/hmsdps)



Kategori General Berita .
Pengunggah : Liana
2 September 12:49 WIB