KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


BASARNAS SOSIALISASIKAN APLIKASI SKP - SDM ONLINE, SPBE DAN PPID 


DENPASAR --- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Pusat Data dan Informasi memberikan sosialisasi Aplikasi SKP - SDM Online, SPBE dan PPID kepada pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar pada Rabu pagi (27/10/2021) pukul 09.00 Wita. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Basarnas, Didi Hamzar, S.Sos.,M.M. di aula gedung Basarnas Bali. 

Dalam sosialisasinya, Kepala Pusat Data dan Informasi Basarnas memaparkan ada tiga point pembahasan yang akan disampaikan pada kegiatan tersebut. Pertama adalah sosialisasi Aplikasi SKP - SDM Online yang tujuannya adalah untuk mengukur/ mengetahui nilai capaian tugas dari masing - masing pegawai Basarnas, Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah. 

Point kedua adalah pemaparan mengenai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dimana tujuannya untuk meningkatkan efesiensi dan keterpaduan penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik serta mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, efesien, akuntabel dan terpercaya. Adapun manfaat dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah meningkatkan efisiensi anggaran untuk pembangunan pemerintah berbasis elektronik dan mendukung terwujudnya satu data Indonesia melalui bagi, pakai data antar Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Sesuai Perpres 95/ 2018 Pasal 7 ayat (4) Domain Arsitektur Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik dibagi menjadi enam bagian yaitu, Proses Bisnis, Data dan Informasi, Infrastruktur SPBE, Aplikasi SPBE, Keamanan SPBE dan Layanan SPBE. Berdasarkan hasil penilaian mandiri indeks SPBE 2021 dari 47 Indikator Basarnas mendapat predikat baik dengan nilai indek 3, 39.
Point terakhir adalah pemaparan terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Basarnas yang tertuang sesuai SK.KBSN- 132/D1.01.02/V/BSN- 2021. Basarnas menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) PPID dari Pengajuan Permohonan Informasi, Lacak Permohonan Informasi, Pemenuhan Permohonan Informasi serta Pengajuan Keberatan. Masyarakat juga dapat mengajukan permohonan Informasi langsung ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Basarnas. 

Harapan kedepan dari sosialisasi yang diberikan adalah agar memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses informasi secara cepat dan tepat. Disamping itu juga meningkatkan kinerja suatu instansi pemerintah melalui sistem aplikasi yang telah diterapkan. (Krs/dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
27 October 14:00 WIB