KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


DIKLAT SAR TINGKAT DASAR POTENSI 115


JIMBARAN --- Pengetahuan dan kemampuan dalam bidang pencarian dan pertolongan tidak bisa didapatkan secara instan. Latihan rutin dan kecakapan menjadi modal utama agar dapat hadir sebagai tim penolong. Potensi SAR 115 Bali menggandeng Basarnas menyelenggarakan pelatihan SAR tingkat dasar tahun 2022 bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Sabtu (12/3/2022) pagi.

 

Seiring dengan telah terbentuknya FKP3 (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan) Provinsi Bali, semakin mempererat hubungan antara Basarnas Bali dengan Potensi SAR. Diungkapkan oleh Gede Darmada, S.E., M.A.P. selalu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), bahwa kehadiran potensi SAR dapat memperkuat barisan tim SAR dalam penanganan pencarian dan pertolongan (SAR). "SDM Basarnas Bali memiliki keterbatasan personil sehingga penempatan di beberapa titik belum maksimal mengcover seluruh wilayah Bali, untuk itu diperlukan koordinasi yang baik dengan potensi SAR, " tutur Darmada. Sementara itu fungsi serta peranan potensi SAR sebagai perpanjangan tangan di beberapa titik sehingga dapat mempercepat respon time. "Kita bisa bersama-sama hadir ditengah masyarakat dalam pencarian dan pertolongan, dalam tugas mulia kemanusiaan," pungkasnya. Kehadiran SAR dog bisa membantu untuk mempermudah pencarian dan pertolongan terlebih dalam bencana sekala besar yang berakibat timbulnya korban jiwa.

 

Pada pembukaan yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, ia mengungkapkan bahwa kehadiran Basarnas dalam pembinaan potensi SAR memegang peran pengawasan dan pengendali.  Darmada juga menegaskan bahwa dalam memberikan pelayanan pembinaan potensi SAR Basarnas tidak menerapkan tarif, karena layanan tersebut termasuk dalam tugas pokok dan fungsi Basarnas. Hal itu ditegaskan kembali karena seringkali terjadi penipuan mengatasnamakan Basarnas.

 

Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 12 -13 Maret 2022 dan diikuti 50 peserta dari potensi SAR 115 dari seluruh Indonesia. Selama kegiatan para peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan secara ketat, mengingat masa pendemi covid 19 belum berakhir. Diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat berlangsung dengan lancar dan nantinya ilmu yang diberikan oleh instruktur dari Basarnas dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. (ay/ hms bsn)

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pengumuman .
Pengunggah : Liana
12 March 5:30 WIB