KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


Kepala Basarnas Bali Mendorong Personilnya Menjadi Relawan Donor Darah


JIMBARAN --- Sebanyak 25 kantong darah telah terkumpul dalam giat bakti sosial donor darah yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Rabu (26/2/2020). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi Basarnas ke 48 tahun. Donor darah dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Jalan Raya Uluwatu nomor 201, Jimbaran, Kabupaten Badung. 

“Bertepatan dengan HUT Basarnas yang jatuh pada 28 Februari 2020, Basarnas Bali selenggarakan donor darah, selain dari personil Basarnas kami juga mengundang dari instansi lainnya,” jelas Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.AP. Setiap tahunnya Basarnas Bali selalu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Bali.”Tadi ada 5 petugas medis yang terlibat untuk membantu pelaksanaan donor darah,” imbuhnya. Dari 27 orang yang mendaftar, ada 25 yang lolos seleksi medis.

Melakukan donor darah tidak semudah yang dibayangkan karena harus melalui pemeriksaan medis secara bertahap. UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Bali menyeleksi kemudian menyaring ketat untuk darah yang masuk dari pendonor. Biasanya hasil donor darah sukarela relative lebih aman dibandingkan dengan donor darah pengganti. Pendonor sukarela telah memiliki rekam medis di sistem informasi manajemen donor darah (simdondar). “Biasanya masalah yang sering ditemui dalam darahnya adalah HIV/AIDS, sifilis, hepatitis B dan C, beruntung setelah sekian kali kami menyelenggarakan kegiatan donor darah belum ada laporan adanya hal tersebut,” ungkap Darmada. 

Menurutnya aksi donor darah ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian terhadap sesama, khususnya sebagai insan SAR, dimana tugas pokok dan fungsinya sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Aksi donor darah merupakan kegiatan social untuk membantu PMI memenuhi stok darah yang dibutuhkan. Gede Darmada mengapresiasi peran serta semua pihak dalam mensukseskan kegiatan donor darah tersebut dan ia akan terus mendorong pegawai Basarnas Bali agar rutin menjadi relawan. Beberapa instansi lain yang terlibat diantaranya SAR Samapta Polda Bali, TNI AL, TNI AU, dan relawan radio 115. "Semoga di tahun-tahun berikutnya relawan pendonor darah bisa bertambah lagi, selain niat membantu, aktifitas donor juga baik untuk kesehatan," tutup Darmada. (ay/hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
26 February 16:55 WIB