KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


TINGKATKAN KINERJA, BASARNAS SELENGGARAKAN MONEV KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI BALI


TINGKATKAN KINERJA, BASARNAS SELENGGARAKAN MONEV KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI BALI


BALI --- Basarnas melalui Direktorat Operasi menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik, Selasa (25/8/2020) bertempat di The One Legian Hotel - Bali. Acara tersebut dibuka langsung oleh Direktur Operasi Basarnas, Kolonel Mar Rasman, M.Tr (Han). Turut mendampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, S.E., M.AP. serta Kepala Sub Direkorat Perencanaan dan Standarisasi Operasi, Muslimin S.Sos. Acara diikuti dari seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sub Bagian Umum. 

Sesi awal dalam acara pembukaan dimulai dengan laporan dari ketua panitia dan dilanjutkan sambutan dari Direktur Operasi. Dalam sambutannya  Kolonel Mar Rasman, M.Tr (Han) mengutarakan pentingnya proses monitoring terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik, khususnya bidang pencarian dan pertolongan (SAR). Disamping itu, dapat pula dijadikan pedoman untuk pelaksanaan evaluasi.  "Memberikan pelayanan kepada masyarakat, pelaksanaannya harus sesuai standar pelayanan yang telah dimaklumatkan," tegasnya. 

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah di bidang SAR tak bisa dihindari adanya upaya penerapan birokrasi yang baik. Pada era Reformasi Birokrasi menjadi sorotan adalah pelayanan publik yang bisa langsung dirasakan masyarakat. Terealisasinya peningkatan kinerja pelayanan publik sebagai sumbangsih nyata terhadap penilaian Kemenpan Reformasi Birokrasi kepada Basarnas. "Tahun 2019 Basarnas mampu mencapai nilai 80%, namun kita tidak boleh merasa puas dan harus tetap bekerja secara profesional, sinergi dan militan," ungkapnya. Menurutnya apa yang telah dilaksanakan oleh tim SAR dilapangan sangatlah luar biasa, karena bersentuhan langsung menolong masyarakat.  "Pelayanan betul-betul full power  agar ke depan tidak ada masyarakat mengeluh disebabkan pelayanan tidak maksimal," pungkasnya. Disisi lain atensi pimpinan terhadap kondisi adaptasi kebiasaan baru juga perlu diperhatikan. Protokol kesehatan harus ditaati, bukan hanya sebagai kepentingan pribadi, namun juga sebagai upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. 

Di akhir sambutannya, ia menekankan pentingnya koordinasi dengan unsur dan instansi SAR lainnya. Keterbatasan personil dengan adanya tugas pokok tidaklah seimbang, maka perlu menjalin hubungan serta sinergitas.   Keberhasilan pada saat operasi SAR juga merupakan hal nyata dari kerja sama yang baik lintas instansi. Adanya wabah covid 19 telah merubah pola operasi yang tidak mengurangi peran Basarnas di masyarakat. Target respon time bisa tetap terpenuhi dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini.

Usai membuka acara Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik, Direktur Operasi Basarnas melanjutkan dengan kunjungan kerja sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Untuk memastikan kesiapan Alut, ia juga bertandang ke hanggar Heli Basarnas dan KN SAR Arjuna 229 di dermaga Pelabuhan Benoa. (ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Pusdatin
25 August 17:25 WIB