KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


KANTOR SAR DAN POS SAR

Kedudukan, Tugas dan Fungsi

Salah satu tolak ukur pelayanan SAR adalah Respon Time. Mengingat wilayah kerja Kantor SAR Denpasar cukup luas, sehingga dibentuk 3 (tiga) Pos SAR yakni pada Kabupaten Karangasem, Jembrana dan Buleleng yang merupakan unit kerja non struktural dibidang SAR yang berada dan bertanggungjawab kepada Kepala Kantor SAR Denpasar. Pos SAR dilengkapi personil dan peralatan standar dalam upaya tindak awal operasi SAR.

1. Pos SAR Karangasem

Pos SAR Karangasem terletak berdekatan Pantai Jasri, memiliki bangunan kantor seluas 400m2 dengan fasilitas menara rapelling. Personil yang ditugaskan berjumlah 12 orang dengan perincian: rescuer 10 orang, teknisi alat elektro dan komunikasi 1 orang dan seorang coordinator Pos SAR. Sarana SAR darat yang dimiliki antara lain mobil D-Max (1 unit), mobil D-Max Box Peralatan (1 unit), Truck Angkut Personil (1 unit), Rescue Carrier Vehicle (1 unit), dan motor trail (1 unit). Sarana SAR Laut yang dimiliki RIB (1 unit) dan perahu karet (3 unit).

 

2. Pos SAR Jembrana

Berlokasi di Banyu Biru, Pos SAR Jembrana memiliki bangunan kantor seluas 400 m2 yang dilengkapi fasilitas mess dan tower rapling. Personil yang ditugaskan berjumlah 12 orang dengan perincian: rescuer 11 orang, dan seorang coordinator Pos SAR. Sarana SAR darat yang dimiliki antara lain Truck Bad Ford (1 unit), D-Max (1 unit), D-Max Peralatan Box (1 unit), Rescue Carrier Vehicle (1 unit), Truck Angkut Personlil (1 unit), dan Motor Traill (1 unit). Sarana SAR Laut yang dimiliki Amphibius (1 unit) dan perahu karet (3 unit).

3. Pos SAR Bueleng

Berlokasi dekat dengan Pelabuhan Celukan Bawang, Pos SAR Buleleng  memiliki bangunan seluas 400 m2 dan dilengkapi menara rappeling. Personil yang ditugaskan berjumlah 12 orang dengan perincian: rescuer 11 orang, dan seorang coordinator Pos SAR. Sarana SAR darat yang dimiliki antara lain Rescue Carrier Vehicle (2 unit), Truck Angkut Personlil (1 unit), dan Motor Traill (1 unit). Sarana SAR Laut yang dimiliki satu buah RIB dan perahu karet (2 unit).