KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


TUGAS DAN FUNGSI

 

Secara hirarki atasan Kapala Kantor adalah Kepala Basarnas. Yang berarti secara langsung Kepala Kantorr bertanggungjawab kepada Kepala Basarnas dengan hirarki ini akan mempercepat proses koordinasi dan komunikasi pada pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi SAR.

Basarnas memiliki 43 Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar di seluruh Indonesia yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Basarnas di daerah, salah satunya adalah Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar mempunyai tugas melaksanakan tindak awal, koordinasi dan pengerahan potensi SAR dalam operasi SAR terhadap kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia. Dalam melaksanakan tugasnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menyelenggarakan fungsi; pelaksanaan siaga SAR secara terus menerus selama 24 jam setiap hari; pelaksanaan tindak awal operasi SAR; koordinasi, pengerahan potensi SAR dan pengendalian pelaksanaan operasi SAR; pelaksanaan pelatihan SAR; pembinaan potensi SAR; kerja sama dibidang SAR; pemeliharaan dan penyiapan sarana dan prasarana SAR.