KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DENPASAR (0361) 703300


VISI dan MISI BASARNAS 2015 - 2019

 
 
 
 

VISI Badan SAR Nasional

  “Mewujudkan Badan SAR Nasional yang andal, terdepan, dan unggul dalam pelayanan jasa SAR di wilayah NKRI”
       

MISI Badan SAR Nasional

1.

Menyelenggarakan siaga terus-menerus dalam pencarian dan pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi kepada masyarakat dalam kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia secara andal, efektif, cepat, efisien, serta aman.

2.

Melaksanakan koordinasi dengan instansi/organisasi nasional maupun internasional dalam rangka menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan (SAR), serta melakukan pemasyarakatan SAR untuk memaksimalkan potensi SAR.

3.

Menyelenggarakan peningkatan kemampuan teknis dan manajerial organisasi dan senantiasa tumbuh, berkembang dan melakukan perbaikan di segala aspek secara berkesinambungan.

4.

Melaksanakan pembinaan kemampuan dan kesiapan sumberdaya manusia serta koordinasi berkelanjutan agar setiap saat dapat melaksanakan tugas operasi pencarian dan pertolongan dengan sebaik-baiknya.

5.

Menyediakan sarana dan prasarana operasi, peralatan komunikasi dan sistem informasi SAR sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mewujudkan visi dan misi.

FILSOFI KARAKTER BIMA RESCUE

Tokoh Bima dalam pewayangan dikenal dengan sebutan Werkudara, merupakan kesatria tangguh dan pemberani. Pada kisah Mahabarata atau Bharatayuda, putra kedua dari raja pandu dengan Dewi Kunti tersebut mempunyai sifat teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur. Sifat-sifat itulah yang menjiwai karakteristik “BIMA RESCUE” di setiap langkahnya dalam menjalankan tugas kemanusiaan.